Ahlan wa Sahlan...
Welcome...
Selamat datang di kampoeng hening....

*kampoeng yang sebenarnya tak hening:-)

Minggu, 16 Juni 2013

The Last Samurai - Kaisar Meiji

Dalam tulisan ini saya tidak akan bercerita tentang sinopsis dari film The Last Samurai yang dibintangi oleh Ken Watanabe dan Tom Cruise tersebut,,,namun analisis kepemimpinan yang didapat dari film tersebut yang akan saya paparkan. Dan ini sebenarnya adalah tugas untk Ujian Akhir dari dosen tersayang Mr. Fathul Himam,,,

Oke langsung aja yah,,,

1.      Visionary Leadership (Kaisar Meiji)
Kepemimpinan visioner melibatkan kesanggupan, kemampuan, kepiawaian yang luar biasa untuk menawarkan kesuksesan dan kejayaan di masa depan. Seorang pemimpin yang visioner mampu mengantisipasi segala kejadian yang mungkin timbul, mengelola masa depan dan mendorong orang lain untuk berbuat dengan cara-cara yang tepat. Hal itu berarti, pemimpin yang visioner mampu melihat tantangan dan peluang sebelum keduanya terjadi sambil kemudian memposisikan organisasi mencapai tujuan-tujuan terbaiknya.
Visionary Leadership juga didasarkan pada tuntutan perubahan zaman yang meminta dikembangkannya secara intensif peran organisasi dalam menciptakan sumber daya manusia yang handal bagi pembangunan, sehingga orientasi visi diarahkan pada mewujudkan nilai komparatif dan kompetitif para anggotanya sehingga tetap bisa bersaing dengan berbagai inovasi-inovasi yang terus berkembangan seiring dengan tantangan zaman.
Kepemimpinan visioner memiliki ciri-ciri yang menggambarkan segala sikap dan perilakunya yang menunjukkan kepemimpinannya yang berorientasi kepada pencapaian visi, jauh memandang ke depan dan terbiasa menghadapi segala tantangan dan resiko.
Mengapa kemudian saya memandang bahwa Kepemimpinan Kaisar Meiji adalah kepemimpinan visioner. Karena Kaisar Meiji adalah seorang kaisar yang melakukan perubahan besar-besaran di Jepang dengan melakukan pembaratan di semua lini. Mulai dari pakaian, membuat transportasi dengan kereta, dan juga dalam bidang militer.

Reformasi yang dilakukan oleh Kaisar Meiji disebut Restorasi Meiji, walaupun dalam film tersebut tidak terlalu ditonjolkan mengenai perubahan yang dilakukan oleh Kaisar tersebut karena dominasi Omura yang lebih tampak dalam pemerintahan. Namun dalam film tersebut terlihat adanya perubahan yang terjadi di Jepang seperti mulai banyak orang-orang yang berpakaian ala barat, adanya pembangunan rel kereta api, dan dalam bidang militer jepang mulai meninggalkan pedang dan menggunakan peralatan perang yang modern.
Hal ini menunjukkan bahwa seorang Kaisar Meiji mencoba membuat Jepang dapat bersaing di dunia dan tidak lagi tertutup sehingga dia mendatangkan ahli-ahli dari dunia Barat yang dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan Jepang. Dalam pandangan saya, dengan melakukan hal ini artinya Kaisar Meiji adalah seorang Pemimpin yang melaksanakan kepemimpinannya berdasarkan tuntutan zaman. Kaisar Meiji adalah juga seorang yang inovatif dan kompetitif dan mempunyai visi bahwa Jepang akan dapat bersaing dengan kekuatan asing di luar sana.
Walaupun demikian dalam Film ini dikisahkan bahwa Kaisar Meiji adalah seorang sosok yang kurang tegas dan tidak memiliki kemampuan mengambil keputusan yang baik. Namun di akhir film tersebut Kaisar Meiji akhirnya tersadarkan bahwa perubahan haruslah berakar pada budaya Jepang yang unggul seperti semnagat Bushido. Hal ini ditunjukkan dengan penolakan yang ia lakukan untuk menandatangani perjanjian dengan Dubes Amerika dan memilih pedang Katsumoto yang diberikan oleh Kapten Algren.

“Pedang ini adalah symbol budaya bushido, jiwa para samurai, kepribadian Jepang adalah milik kaisar, kami hanya melaksanakan amanat, memenggang teguh komitmen kami dalam melaksanakan tanggung jwab itu. Pedang ini adalah milik kaisar. Pedang ini sekarang dikembalikan kepada pemiliknya”.

Suatu pesan pernyataan yang sangat menggugah dan menyadarkan kaisar. “Pesan samurai yang menyadarkan jiwa dan pikiran,…..dari mana dan siapa kita sebenarnya bangsa Jepang dan bagaimana seharusnya kita bertindak meski dalam perubahan” kata Kaisar Meiji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar