Ahlan wa Sahlan...
Welcome...
Selamat datang di kampoeng hening....

*kampoeng yang sebenarnya tak hening:-)

Minggu, 16 Juni 2013

Pertemuan (8)

            Hideyoshi – Pemimpin Visioner (The Swordless Samurai)
“Semakin dalam aku memahami Lord Nobunaga dan Klan Oda, semakin au yakin bahwa ia adalah pemimpin yang paling tepat untukku mengabdi. Apakah kau ingin mengembangkan dirimu? Maka praktikkanlah Pandangan ke depan. Pilihlah pemimpin yang memiliki visi” (Hideyoshi dalam Swordless Samurai)
            Lord Nobunaga adalahsalah seorang pemimpin Jepang yang memiliki impian dahsyat untuk menyatukan Jepang di bawah satu pemerintahan dan mengakhiri zaman peperangan. Dan inilah yang dibutuhkan oleh bangsa dan diinginkan masyarakat. Pemimpin seperti ini memiliki visi yang di luar nalar manusia, dan impian ini, visi ini dilanjutkan oleh Hideyoshi, pelayannya yang juga menjadi pemimpin Jepang.

            Pemimpin yang visioner harus mampu menjadikan visi yang dimilikinya terinternalisasi dengan baik di dalam diri setiap anggotanya, tampak nyata meskipun tak mudah dijangkau. Hideyoshi sendiri bukanlah seorang yang pintar menggunakan pedang, oleh karena itu dia menggunakan potensi yang lain yang ada pada dirinya. Karena dia meyakini bahwa Pemimpin harus bekerja lebih keras.
            “Aku tidak pernah mahir dalam seni berpedang. Bahkan ronin kelas tiga sanggup mengalahkanku dalam perkelahian jalanan! Aku sadar aku harus lebih menggunakan otak daripada tubuh, khususnya jika aku ingin kepalaku tetap menempel di leher”, inilah juga yang merupakan salah satu ungkapan Hideyoshi.
            Sejatinya setipa pemimpin itu haruslah mempunyai visi, mempunya pandangan ke depan mengenai apa yang dipimpinnya dan mau di bawa kemana, dengan cara apa. Pemimpin Jepang yang satu ini bekerja sangat ulet demi mewujudkan visi nya dan mampu menggerakkkan anggotanya dengan cara dan pendekatan yang berbeda.
            Hideyoshi mengajarkan kita bahwa kata “mustahil” itu hanya ada dalam pikiran, karena sesungguhnya di dunia ini nothing is impposible. Banyak prinsip-prinsip kepemimpinan dan strategi yang digunakan oleh Hideyoshi yang saya baca di dalam buku “Swordless Samurai”, diantaranya:
  • Mereka yang memiliki aspirasi untuk memotivasi pengikutnya harus bisa menghargai karena Pemimpin harus bisa bersyukur
  • Bertindaklah berani pada saat-saat kritis
  • Dedikasikan dirimu pada pemimpinmu, karena mereka yang punya aspirasi untuk memimpin mula-mula harus belajar melayani, dan lain-lain.

Demikianlah karena sejatinya setiap pemimpin haruslah mempunyai visi untuk apa yang dipimpinnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar